Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Rusia Ditandai Penanaman Pohon

Peringatan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Rusia Ditandai Penanaman Pohon
Selasa, 04/05/2010 - 12:11

BOGOR, (PRLM),-Peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dan Federasi Rusia ditandai dengan penanaman pohon persahabatan Indonesia-Rusia di Kebun Raya Bogor, Selasa (4/5).

Kegiatan yang difasilitasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu dihadiri Menteri Lingkungan Hidup (Men LH) Gusti Muhammad Hatta, Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Alexander A. Ivanov, dan Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Bogor LIPI Mustaid Siregar.

Men LH Gusti Muhammad Hatta menanam pohon Schefflera rugosa (Blume) Hamrs, sedangkan Dubes Rusia untuk Indonesia Alexander A. Ivanov menanam pohon Trevesia burckii Boerl. Penanaman kedua pohon yang merupakan familia Araliaceae itu dilakukan Taman Tijsmann Kebun Raya Bogor.

Men LH Gusti Muhammad Hatta menuturkan, penanaman dua pohon sebagai upaya melestarikan lingkungan hidup. "Dua pohon ini diharapkan menjadi simbol eratnya persahabatan dua negara," ujarnya pada sela-sela acara.

Dubes Rusia untuk Indonesia Alexander A. Ivanov mengatakan, Indonesia merupakan negara yang menarik dan kaya sumber daya alam dan beragamnya budaya. Persahatan dua negara (Indonesia dan Rusia) diharapkan semakin erat sejalan dengan pertumbuhan kedua pohon.

Sementara itu, Kepala PKT Kebun Raya Bogor Mustaid Siregar menuturkan bahwa kedua pohon tersebut dikoleksi saat ekspedisi botani di Sumatera Barat dan dipilih berdasarkan koleksi yang ada di Kebun Raya Bogor.(A-94/kur)***