Asyiknya Tanam Pohon Bakau di Pantai Indah Kapuk

Sabtu, 24/04/2010 14:41 WIB

Asyiknya Tanam Pohon Bakau di Pantai Indah Kapuk

Anwar Khumaini - detikNews

Jakarta - Gerakan menanam pohon yang digencarkan oleh pemerintah ternyata juga dipatuhi anak-anak. Pelajar Sekolah Dasar hingga pelajar SMP tampak asyik menanam pohon bakau.

Hal ini terlihat di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Sabtu (24/4/2010). Puluhan siswa datang dari berbagai sekolah di Jakarta.

"Saya baru pertama kali tanam pohon," kata Icha, siswi SD Regina Selly, Bogor, Jawa Barat.

Icha dan puluhan siswa lainnya rela berkotor-kotor ria nyemplung ke dalam lumpur di Pantai Indah Kapuk. Bau lumpur yang menyengat tak membuat mereka merasa jijik.

"Saya menanam dua," timpal Jackson, siswa SD sukses Abadi, Jakarta dengan girang. Seperti halnya Icha, Jackson juga mengaku baru pertama kali menanam pohon. "Seneng," ujarnya girang.

Menurut penyelenggara, program penanaman pohon ini dimaksudkan untuk memberi kesadaran dini akan pentingnya alam yag hijau serta menjaga kelestarian hutan, terutama hutan mangrove.

"Hutan kita saat ini terancam punah. 1,5 juta hektar hutan kita rusak tiap tahunnya. Baik karena akibat penerbangan hutan, pembukaan hutan, tanaman industri besar-besaran dan sebagainya," kata General Manager Taman Buah Mekar Sari, Hari Tanjung, saat memberi sambutan sebelum acara penanaman pohon.

Tak cuma anak-anak, banyak juga orang dewasa yang ikut menanam pohon bakau. Tak kurang dari dua ratusan pohon bakau pun berhasil ditanam.

Tampak juga dalam penanaman pohon bakau ini Putri Pariwisata Indonesia Andara Rainy Ayudini. Andara, dalam sambutannya sebelum penanaman pohon mengungkapkan betapa pentingnya menanam pohon untuk kelangsungan hidup manusia.

"Tolong bagi adik-adik minta kepada mama dan papanya di depan rumah agar ditanam pohon. Coba kalau garasi kita sebagian diubah untuk ditanami pohon," ajak Andara kepada peserta penanaman pohon bakau.

Selanjutnya, panitia akan melakukan acara serupa ke sekolah-sekolah untuk sosialisasi penanaman pohon kepada para siswa.

(anw/gus)