Banjir Brasil

2010-04-09
Banjir Brasil, 200 Tewas

AFP / Samitri
Wilayah permukiman di Kota Niteroi, sekitar 35 km dari ibu kota Rio Janeiro, berubah menjadi kawah lumpur akibat longsor yang menewaskan sekitar 200 orang.


[NITEROI] Pejabat Brasil, Kamis (8/4) mengatakan, sekitar 200 orang dikhawatirkan tewas tertimbun longsor dekat Ibu Kota Rio de Janeiro. Kepala Pemadam Kebakaran Pedro Machado mengatakan, jumlah itu diperoleh dari keterangan warga yang meyakini tetangganya ikut menjadi korban.
Machado menyebutkan, jumlah itu masih belum bisa dipastikan. “Bisa jadi lebih dari itu,” ucapnya.
Sementara itu, dilaporkan tim penyelamat berhasil mengeluarkan 25 orang, termasuk delapan anak dalam keadaan selamat setelah beberapa jam terkubur di bawah reruntuhan bangunan dan timbunan lumpur.
Tapi, pekerja pencari dan penyelamat mengatakan sangat kecil kemungkinan menemukan korban yang selamat setelah sebagian sisi bukit runtuh dan jatuh sejauh 700 meter menghancurkan semua yang dilalui, termasuk 50 rumah, sebuah rumah penitipan anak, dan tokoh pizza.
Korban tewas sebagian besar karena terperangkap longsor di permukiman sekitar Rio, kota metropolitan yang dihuni sekitar 16 juta orang. Jumlah korban tewas diperkirakan masih bakal bertambah, dengan banyaknya laporan orang hilang setelah hujan deras dan longsor yang menyebabkan lebih dari 1.400 orang kehilangan tempat tinggal.
Seorang perawat, Sabrina Carvalho de Jesus (26), berhasil menyelamatkan diri sebelum longsor menimbun rumahnya. Tapi, kakek, ibu, dan putranya yang berusia enam tahun terjebak dalam rumahnya yang terkubur lumpur. [AFP/B-14]