Gerakan Penghijauan

Gerakan Penghijauan, BTN Targetkan 10 ribu Pohon Selama 2010

Minggu, 11 April 2010 11:55 WIB
Penulis : Ferdinand

SOLO--MI: Bank Tabungan Negara menargetkan penanaman 10 ribu bibit pohon sepanjang 2010 ini. Hal itu sebagai wujud dukungan terhadap gerakan Indonesia Menanam yang dicanangkan pemerintah beberapa waktu lalu.

Pernyataan tersebut dikemukakan Direktur Housing and Commercial Banking BTN usai menyerahkan 5000 bibit pohon kepada Pemerintah Kota Solo di Taman Balekambang, Solo, Minggu (11/4).

"Kegiatan di Solo ini merupakan gelombang kedua. Sebelumnya kegiatan serupa dilakukan di Jakarta sebanyak 10 ribu pohon," katanya.

Purwadi menambahkan, gerakan menanam pohon ini merupakan salah satu wujud program Corporate Social Responsibility (CSR) BTN. Selain melakukan penanaman langsung, program ini juga dijalankan melalui kerjasama dengan kalangan mitra.

Terutama kalangan yang selama ini bergerak dalam bidang pengembangan perumahan. Seperti Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Indonesia (Apersi), dan Perumnas.

"Sekarang ini pengembang yang mengajukan kredit ke BTN harus sanggup menanam satu pohon per satu rumah. Meski persyaratan ini tidak secara tertulis," tambah Purwadi.

Kalau dalam satu tahun saja ada 150 ribu unit rumah baru yang dibangun, maka minimal ada 150 ribu bibit pohon baru yang ditanam. Sebuah jumlah yang menurut Purwadi lumayan besar.

Kepala Pusat Penyuluhan Kehutanan, Eka Widodo Sugiri yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan sangat mendukung upaya yang dilakukan BTN. Karena program rehabilitasi dan reboisasi secara besar-besaran dengan target 1 miliar pohon baru pada 2010 ini bukan hanya tugas kementerian kehutanan.

"Karena itu kami selalu mendorong semua pihak untuk terlibat. Saat ini sudah ada 270 juta bibit pohon baru yang telah ditanam," katanya. (FR/OL-02)