Lagi, Gajah Riau Mati Dibantai Warga

Rabu, 24/03/2010 15:59 WIB

Lagi, Gajah Riau Mati Dibantai Warga


Chaidir Anwar Tanjung - detikNews

Jakarta - Pembataian gajah liar sumatera terus saja terjadi di Riau. Kali ini seekor anak gajah ditemukan membusuk dengan kondisi gadingnya raib dan belalainya terbelah. Ini menunjukan gajah tersebut sengaja dibunuh.

Gajah ini ditemukan warga membusuk di Desa Petani, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau. Bangkai gajah itu berada di semak belukar dengan kondisinya sudah membusuk dan tidak utuh lagi. Belalai gajah terlihat terpisah dari badannya, begitu juga gading gajah sudah diambil.

"Awalnya kita mencium bau busuk yang menyengat. Setelah kita cari tahu, ternyata di semak-semak itu terlihat bangkai dan ternyata itu gajah. Dari sana kita melaporkan ke pihak yangt terkait," ungkap Parmin (63) seorang warga yang menemukan bangkai gajah tersebut.

Warga desa menyebut, selama ini perkampungan mereka memang sering didatangi gajah liar. Gajah liar ini diperkirakan dari kawasan hutan swaka margasatwa Balai Raja. Namun kondisi Balai Raja dengan luas sekitar 18 ribu hektar itu, ini 9 persen kondisinya sudah beralih menjadi perkebunan kelapa sawit. Diperkirakan belasan ekor gajah yang masih berkeliaran di perkampungan.

"Kalau kondisi ini dibiarkan terus, bukan tidak mungkin gajah-gajah ini akan menjadi sasaran pembantaian orang-orang yang tidak bertanggungjawab," ungkap warga.

Sementara itu Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Trisnu Danisworo yang dihubungi terpisah, membenarkan adanya pembantaian gajah tersebut. Namun pihaknya masih akan mengindetifikasi jenis kelamin dan usia gajah tersebut.

"Kita juga akan menurunkan tim gajah jinak ke perkampungan warga untuk mengusir gajah liar tersebut. Tapi memang setelah diusir yang namanya gajah liar, tetap saja nantinya akan kembali lagi," kata Trisnu.
(cha/djo)